RIP Drs. Nugroho Tomo Penasehat SPEAK Indonesia

SELAMAT JALAN SAHABAT

 

Pagi ini tak terdengar suara nyaring burung dipohon itu, anginpun tak seperti biasa menyibak dedaunan. Terasa pilu, namun entah apa yang sedang terjadi. Terdengar kabar tentangmu telah pergi. Sungguh antara percaya dan tidak, engkau benar telah meninggalkan kami. Sejenak hilang rasa percaya, mungkinkah? Benarkah?

Engkau adalah orangtua kami, guru kami, sahabat kami. Terakhir kami tahu bagaimana kondisimu telah, membaik, senyum manismu selalu menghadirkan kebahagiaan diantara kami. Hingga akhir tahun lalu 2020 Engkau masih bersama kami di ruang kecil itu. Tertawa dan penuh semangat membicarakan masa depan lembaga ini.

Pak Tomo adalah sosok panutan yang baik, memberikan segala arahan dan bimbingan dengan sepenuh hati. Tak pernah lelah mendampingi kami, walau kami kadang membuatnya susah payah. Tetap saja mendampingi kami penuh kesabaran. Engkau adalah sahabat terbaik kami.

Kepergianmu membuat kami mengerti bahwa rindu paling menyakitkan adalah merindukan seseorang yang telah tiada. Namun, kepergianmu mengajarkan bahwa Tuhan selalu ada dan untuk mendengarkan segala doa dan harapan.

Selamat jalan Pak Tomo, cita-citamu untuk mengabdi kepada masyarakat dan Negara telah usai. Kami akan melanjutkan perjuanganmu. Kini tak ada lagi canda dan tawa bersamamu, semangatmu dalam genggaman kami. Tak akan pernah lupa, pesan-pesan terbaik kepada kami. “Jangan pernah menyerah, kamu pasti bisa!” Menitikan air mata, hanya akan membuatmu makin susah lupa dengan kami. Melepas pilu, hanya akan menghalangi perjalananmu.

Selamat jalan Guru Kami, Sahabat Kami. Kami ikhlas melepas kepergianmu. Perpisahaan ini hanya sementara, kelak kita akan dipertemukan kembali dalam kebersamaan dan keluarga. Ilmu yang telah diberikan kepada kami, adalah wasiat berharga yang kami miliki dan kami jaga untuk kebaikan semua pihak.

Dari Kami yang merindukanmu…

Keluarga Besar
SPEAK Indonesia
Yogyakarta, Jakarta, Lampung